Minggu, 20 September 2020

Musyawarah Desa Disaat Pandemi

( Musyawarah Desa )
 
Desa Sungai Enau - Selasa, 15/09/2020 Desa Sungai Enau dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah melangsungkan Musyawarah Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya.
 
Musdes yang dilaksanakan ini dipandu langsung oleh BPD yang merupakan tugas dan wewenang sebagai BPD di Desa Sungai Enau.
 
Musdes ini turut serta dihadiri oleh Ketua BPD seberta anggota, Kepala Desa beserta perangkat Desa, Pj. Desa Persiapan Sungai Enau A beserta perangkatnya, PLD Kecamatan, PKK, LPM, KPMD, Karang Taruna dan Posyandu.

Musdes kali ini berbeda dengan musdes-musdes pada tahun sebelumnya, dampak covid-19 menjadi faktor perbedaan tersebut. Karena pandemi tersebut maka pemerintahan desa bekerjasama dengan BPD agar supaya musdes berjalan maka mengurangi undangan atau mengumpulkan masyarakat banyak, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pembahasan Musdes ini adalah menyampaikan hasil dari musyawarah dusun yang beberapa pekan lalu dilaksanakan di wilayah dusun masing-masing yang ada di Desa Sungai Enau. Penyampaian hasil dari musyawarah dusun tersebut di pandu langsung oleh sekretaris Desa Persiapan Sungai Enau A bapak Sa'ur, S.Sos.

Namun usulan Dusun yang masuk dalam rekapan musdes ini tidak semua masuk dalam RKPDes tetapi akan dipilah lagi nanti oleh tim RKPDes agar mengutamakan usulan prioritas dari setiap wilayah atau Dusun.

Kiong Ketua BPD, ia menyampaikan bahwa usulan yang masuk pada skala prioritas di RKPDes nantinya akan dikawal bersama masyarakat, karena merupakan amanah BPD dan masyarakat agar diawasi, dikontrol dalam pelaksananya. Hal ini agar kita (Desa dan BPD) agar terhindar dari hal-hal yang akan merugikan Pemerintahan Desa maupun pribadi.

( Foto Pj. Kades Persiapan )

Yuliana Pejabat Desa Persiapan Sungai Enau A, mengatakan fokus Desa Persiapan merupakan mengawal proses penganggaran terhadap tapal batas, oprasional, ATK dan pembangunan lainnya agar tetap masih bisa dirasakan oleh warga di wilayah Desa Persiapan.
 
Rajali Kepala Desa Sungai Enau, mengatakan musdes kali memang berbeda tapi saya pastikan tidak akan ada perbedaan dalam pembangunan di wilayah Desa Persiapan maupun di Desa Induk. Semua akan merasakan dampak positifnya dari Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

Harapan kami agar semua steakholder agar selalu bergandengan tangan agar Desa kita ini tetap aman dari pandemi dan dari hal negatif lainnya. Karena warga Desa kita ini sangat multi etnis, agama, suku dan adat istiadat. Kita harus tetap selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan baik daerah maupun pusat, "Ungkap Rajali.

-SR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar